Virus Corona Varian Delta Telah Ditemukan Di Karawang

Penulis Kontributor Karawang, Farida Farhan | Editor Abba Gabrillin KARAWANG, KOMPAS.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Karawang, Jawa Barat, meminta masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah. Sebab, virus corona varian delta telah ditemukan di Karawang. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengatakan, Covid-19 varian delta ini penularannya lebih cepat 60 persen dibanding varian virus corona sebelumnya.

Virus ini, menurut Fitra, menyasar semua usia, baik muda maupun tua. “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, karena memang sudah ditemukan (virus corona varian delta) ini benar-benar harus prokes dan juga harus benar -benar mengikuti anjuran pemerintah,” ujar Fitra saat memberikan keterangan pers di Makodim 0604 Karawang, Senin (21/6/2021).

Saat ini ditemukan 21 orang di Karawang yang terpapar virus corona varian delta berdasarkan tes whole genome squencing. Masing-masing berasal dari Kecamatan Kutawaluya 12 orang; Cikampek 2 orang; Telagasari 2 orang; Cilamaya Wetan 1 orang; Klari 1 orang; Kotabaru 1 orang; dan Telukjambe Timur ada 2 orang. Sejumlah 20 orang kini telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR). “Karenanya, 5M ini sudah wajib dan juga yang paling penting menghindari kerumunan, dan juga mengurangi mobilitas,” ujar Fitra. Fitra menyebut, tanpa peran serta masyarakat, Covid-19 tidak bisa dikendalikan.

Menurut Fitra, kuncinya adalah kepatuhan masyarakat terhadap anjuran pemerintah. “Kami menganjurkan kepada masyarakat bukan untuk kami, tetapi juga untuk masyarakat,” kata dia. Kasus Covid-19 di Karawang naik secara signifikan sejak libur Lebaran. Hingga Senin pukul 12.00 WIB, total kasus Covid-19 sejumlah 22.460 orang, naik 252 dari hari sebelumnya. Adapun rinciannya 888 masih perawatan; 959 isolasi mandiri;19.925 sembuh; dan 668 meninggal dunia.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *